SYARAT & KETENTUAN KASKU

Syarat dan Ketentuan ini mengatur ketentuan-ketentuan mengenai; pendaftaran untuk menjadi pengguna layanan Kami (PT Soma Karya Gemilang), penyediaan layanan uang elektronik Kami, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan Aplikasi KASKU. Untuk kejelasan dan kepastian, Syarat dan Ketentuan ini berlaku sebagai perjanjian antara Anda dan Kami (“Syarat dan Ketentuan“).

PERSETUJUAN

Dengan mengunduh, mengakses, melakukan pendaftaran untuk menjadi pengguna layanan Kami, menggunakan Aplikasi KASKU, atau menggunakan layanan-layanan Kami berarti Anda menyatakan dan mengakui bahwa Anda telah membaca, mempelajari, memahami, dan menyetujui seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

DEFINISI

Kecuali ditentukan lain secara tegas dalam Syarat dan Ketentuan ini, istilah-istilah yang diawali dengan huruf besar dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki pengertian-pengertian sebagai berikut:

1.

“Anda”adalah pihak yang merupakan Pengguna KASKU ataupun pihak yang sedang melakukan pendaftaran untuk menjadi Pengguna KASKU.

2.

“Aplikasi KASKU” adalah mobile application yang dikelola oleh Kami (PT Soma Karya Gemilang) yang digunakan untuk mengakses dan menggunakan Layanan KASKU.

3.

“Kami”atau “KASKU” adalah PT Soma Karya Gemilang yang merupakan penerbit uang elektronik berbasis server yaitu KASKU.

4.

“Layanan KASKU”adalah layanan uang elektronik yang Kami sediakan sesuai dengan peraturan Bank Indonesia yang berlaku yang mengatur mengenai penyelenggaraan uang elektronik, dan layanan lainnya yang Kami sediakan di luar layanan uang elektronik.

5.

“Media Komunikasi”adalah media yang digunakan dalam penyampaian informasi secara privat, yaitu; panggilan telepon, WhatsApp, atau email, ke kontak Pengguna KASKU yang telah didaftarkan kepada Kami.

6.

“Media Publikasi”adalah media yang digunakan dalam penyampaian informasi secara publik, yaitu; publikasi pada website atau media sosial resmi KASKU.

7.

“Pengguna KASKU”adalah pengguna Layanan KASKU yang telah memiliki akun Pengguna KASKU, yang belum dinonaktifkan secara permanen, baik akun dengan klasifikasi KASKU Basic ataupun akun dengan klasifikasi KASKU Premium.

8.

“Prinsip Kehati-hatian”adalah seluruh upaya dan tindakan yang wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko-risiko keamanan dalam penggunaan Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan/atau Produk Lainnya, yang dapat diterapkan dengan melakukan dan melaksanakan tindakan-tindakan yang diatur dalam Angka 2 pada BAB tentang Risiko Penggunaan dari Syarat dan Ketentuan ini.

9.

“Produk Lainnya”adalah barang dan/atau jasa selain Layanan KASKU yang dapat dibeli melalui Aplikasi KASKU, yang disediakan oleh pihak ketiga yang merupakan mitra Kami atau pihak yang bekerja sama dengan mitra Kami.

10. 

“Tindakan Penyalahgunaan”adalah salah satu atau lebih dari tindakan-tindakan berikut:

a.

Tindakan yang merupakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini.

b.

Tindakan yang merupakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku, tindakan penipuan (fraud), penggelapan, pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, pembayaran atas barang dan/atau jasa ilegal, kegiatan prostitusi, atau pornografi/pornoaksi, perjudian, atau tindakan-tindakan lainnya yang merupakan pelanggaran atas kepentingan pihak manapun.

c.

Tindakan yang merugikan atau dapat menyebabkan kerugian kepada Kami, Pengguna KASKU lainnya, dan/atau pihak-pihak lainnya yang bekerja sama dengan Kami.

d.

Tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan pribadi, atau dilakukan secara abusif, palsu, atau fiktif untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

e.

Tindakan yang dilakukan dengan meretas, mengelabui, menipu, dan/atau memanipulasi Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, atau sistem yang Kami operasikan atau sistem yang dioperasikan oleh pihak-pihak lain yang bekerja sama dengan Kami, dan/atau afiliasi Kami.

I. KETENTUAN PENDAFTARAN

Untuk dapat mengakses dan menggunakan Layanan KASKU, Anda harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran untuk menjadi Pengguna KASKU. Pendaftaran sebagaimana dimaksud hanya dapat Anda lakukan melalui Aplikasi KASKU.

1.

Jenis Akun KASKU

     Kami menyediakan 2 (dua) jenis Akun Pengguna KASKU, sebagai berikut:

a.

Akun KASKU Basic (Unregistered)

i. KASKU Basic adalah jenis Akun Pengguna KASKU yang merupakan pengguna uang elektronik unregistered sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia yang mengatur mengenai penyelenggaraan Uang Elektronik.

ii. Jika Anda berhasil melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor ponsel dan alamat email maka Anda akan langsung menjadi Pengguna KASKU jenis Basic.

iii. Beberapa Layanan KASKU yang disediakan untuk jenis Akun Pengguna ini adalah :

a) dapat menampung saldo KASKU dengan batas maksimum Rp 2.000.000,- (dua juta Rupiah), batas maksimum tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan secara otomatis mengikuti perubahan dan/atau pemberlakuan ketentuan Bank Indonesia;

b) dapat menerima pengisian saldo KASKU (top up) dengan mengacu pada batasan yang dimaksud  di atas;

c) dapat digunakan untuk bertransaksi dengan batasan maksimum akumulasi nominal selama satu bulan kalender sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah); dan

d) layanan pemrosesan transaksi pembayaran/pembelian produk digital di dalam Aplikasi KASKU

b.

Akun KASKU Premium (Registered)

i. KASKU Premium adalah jenis Akun Pengguna KASKU yang merupakan pengguna uang elektronik registered sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia yang mengatur mengenai penyelenggaraan Uang Elektronik.

ii. Anda dapat melakukan upgrade jenis akun Anda menjadi KASKU Premium dengan menyerahkan data dan informasi sebagaimana Kami syaratkan dalam bagian Upgrade Akun di bawah ini.

iii. Pengguna KASKU jenis KAKSU Premium dapat menggunakan seluruh layanan uang elektronik yang Kami sediakan, yaitu:

a) dapat menampung saldo KASKU dengan batas maksimum Rp20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah), batas maksimum tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan secara otomatis mengikuti perubahan dan/atau pemberlakuan ketentuan Bank Indonesia;

b) dapat menerima pengisian saldo KASKU (top up) dengan mengacu pada batasan yang dimaksud  di atas;

c) dapat digunakan untuk bertransaksi dengan batasan maksimum akumulasi nominal selama satu bulan kalender sebesar Rp 40.000.000,- (empat puluh juta Rupiah);

d) layanan transfer saldo ke sesama Pengguna KASKU

e) layanan pemrosesan transaksi pembayaran/pembelian produk digital di dalam Aplikasi KASKU

f) layanan-layanan lainnya sebagaimana Kami kembangkan, sediakan, dan informasikan untuk dan kepada Anda di kemudian hari sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.

Pendaftaran Akun KASKU Basic

a.

Untuk dapat melakukan pendaftaran Anda harus merupakan individu yang cakap secara hukum berdasarkan hukum Republik Indonesia untuk melakukan tindakan-tindakan hukum, yaitu; Anda harus berusia minimal 21 (dua puluh satu tahun), atau sudah menikah, dan tidak sedang berada di bawah pengampuan.

b.

Jika Anda melakukan pendaftaran padahal Anda bukan merupakan individu yang cakap secara hukum sebagaimana dimaksud dalam huruf a di atas ini maka Anda menyatakan dan menjamin bahwa pendaftaran Anda telah disetujui oleh orang tua, wali, atau pengampu Anda yang sah.

c.

Pada saat melakukan pendaftaran Anda wajib memasukkan nomor ponsel dan alamat email yang masih aktif, valid, dan akurat serta belum pernah didaftarkan sebelumnya kepada Kami ke Aplikasi KASKU.

d.

Anda wajib untuk memasukkan kode one-time password (“OTP”) yang Kami kirimkan kepada Anda melalui layanan pesan WhatsApp  ke nomor ponsel yang dimaksud dalam huruf c di atas dan Anda wajib untuk membuat kode pengaman berupa 6 (enam) digit angka yang tidak boleh dibuat secara berurutan atau berulang (“PIN”).

e.

Kode OTP dan PIN merupakan kode rahasia yang digunakan untuk mengakses akun Anda dan memanfaatkan Layanan Kasku. Oleh karena itu, Anda wajib untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP dan PIN. Demi keamanan akun Anda, mohon untuk tidak membagikan, menginformasikan, atau mengungkapkan kode OTP ataupun PIN kepada pihak manapun termasuk petugas KASKU, customer service, dll.

f.

Untuk kejelasan terkait pendaftaran,  1 (satu) nomor ponsel hanya dapat digunakan untuk pendaftaran 1( satu) Akun dan  1 (satu) akun e-mail hanya dapat digunakan untuk pendaftaran 1 (satu) Akun.

3.

Upgrade menjadi Akun KASKU Premium

Upgrade dilaksanakan untuk meningkatkan jenis Akun Anda dari KASKU Basic menjadi KASKU Premium.

a.

Anda adalah Warga Negara Indonesia.

b.

Anda wajib melakukan upgrade hanya melalui  Aplikasi KASKU.

c.

Anda wajib menyerahkan data dan informasi secara valid, benar, akurat, dan jelas berupa:

i. Foto kartu identitas; foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Ijin Mengemudi (SIM) atau foto halaman identitas pada Paspor Anda,

ii. Foto diri bersama kartu identitas

iii. Data identitas diri, seperti : nama lengkap, nomor doumen identitas, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, pekerjaan, alamat lengkap, dan nama ibu kandung

d.

Setiap satu kartu identitas hanya dapat digunakan satu kali untuk pelaksanaan upgrade.

e.

Kami berhak menolak permintaan upgrade Anda, jika kartu identitas, foto diri bersama kartu identitas yang Anda serahkan sudah pernah digunakan sebelum-nya atau tidak valid, benar, akurat, ataupun tidak dapat terlihat dengan jelas.

f.

Untuk tujuan verifikasi atas data identitas Anda atau untuk tujuan substitusi data identitas, Kami dapat meminta Anda untuk menyerahkan data-data pendukung lainnya dari Anda, yang wajib Anda serahkan dalam jangka waktu sebagaimana Kami tentukan dan informasikan kepada Anda. Jika dalam jangka waktu tersebut Anda gagal dalam menyerahkan data-data pendukung tersebut maka Kami berhak untuk menolak permintaan upgrade Anda.

g.

Dengan melakukan upgrade berarti Anda memberikan persetujuan Anda kepada Kami untuk mengumpulkan, menyimpan dan memproses data dan informasi Anda sebagaimana tercantum dalam kartu identitas, foto diri bersama kartu identitas, dan data identitas yang Andai isikan,  yang Anda serahkan kepada Kami untuk; tujuan upgrade dan pengelolaan serta pengawasan Akun Pengguna KASKU Anda.

h.

Kami memiliki wewenang penuh untuk menentukan hasil dari permintaan upgrade Anda berdasarkan hasil penilaian Kami terhadap data, informasi, dokumen dan foto diri bersama kartu identitas yang Anda serahkan kepada Kami.

4.

Nomor Ponsel dan Email:

a.

Perlu diketahui bahwa akun Pengguna KASKU Anda didasarkan pada nomor ponsel yang Anda daftarkan kepada Kami pada saat pendaftaran. Nomor ponsel Anda dibutuhkan untuk pengaksesan akun, pengiriman kode OTP, pelaksanaan transaksi pembayaran, pelaksanaan pengisian saldo KASKU (top up), komunikasi, dan pengiriman informasi-informasi penting lainnya.

b.

Kami juga meminta Anda untuk mendaftarkan alamat email Anda kepada Kami untuk tujuan pengiriman kode OTP, pengiriman notifikasi terkait aktivitas akun KASKU Anda, dan penyediaan informasi-informasi penting lainnya.

II. PERLINDUNGAN DATA

1.

Kami akan berupaya sebaik mungkin untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan data dan informasi yang Anda serahkan kepada Kami maupun yang Kami kumpulkan dari Anda, terutama yang menyangkut data pribadi Anda dan aktivitas penggunaan Layanan KASKU, yang diserahkan kepada Kami atau dikumpulkan oleh Kami untuk tujuan pendaftaran, upgrade, pengkinian data, penyampaian informasi, pengurusan klaim, analisa, pengembangan/peningkatan layanan, dan tujuan-tujuan lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.

Dengan memberikan persetujuan Anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini berarti Anda juga telah menyetujui Kebijakan Privasi yang dapat Anda akses, baca, dan pelajari melalui tautan berikut: https://www.kasku.id/kebijakan-privasi. Mohon untuk membaca dan mempelajari dengan seksama seluruh ketentuan-ketentuan dalam Kebijakan Privasi tersebut agar Anda mengerti dan memahami bagaimana Kami melindungi dan memproses data dan informasi Anda.

3.

Dalam hal Kami mengubah ketentuan dalam Kebijakan Privasi tersebut maka perubahan tersebut akan diberitahukan kepada Anda paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku efektif, dan perubahan tersebut akan dilaksanakan dengan mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

III. BIAYA LAYANAN

1.

Atas penyediaan Layanan KASKU, Kami berhak untuk membebankan dan mengenakan biaya layanan kepada Anda, yaitu:

i.

biaya pengisian saldo (top-up) KASKU melalui kanal top up; vitual account, transfer dana/penyetoran langsung melalui Bank atau metode top up lainnya sebagaimana tersedia dari waktu ke waktu;

ii.

biaya transfer dana KASKU antar-Pengguna KASKU; dan

iii.

biaya-biaya lainnya atas layanan-layanan yang Kami sediakan di kemudian hari yang akan Kami informasikan kepada Anda sebelum pembebanan atas biaya-biaya tersebut berlaku efektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.

Nilai biaya-biaya yang Kami bebankan dan kenakan kepada Anda adalah sebagaimana Kami informasikan kepada Anda melalui Aplikasi KASKU.

3.

Kecuali ditentukan dan Kami informasikan sebaliknya kepada Anda, seluruh pajak-pajak yang timbul dari penyediaan Layanan KASKU akan ditanggung oleh masing-masing pihak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya mengenai perpajakan sebagaimana diberlakukan, diperbarui, dan/atau diubah seterusnya oleh otoritas yang berwenang.

IV. PENGKINIAN DATA

1.

Kami menerapkan prinsip know your customeruntuk tujuan keamanan dan pengawasan penggunaan Aplikasi KASKU dan Layanan KASKU, dan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait dengan anti-pencucian uang dan pendanaan terorisme.

2.

Kami menerapkan prinsip know your customer, salah satunya, dengan melaksanakan proses uji tuntas konsumen (customer due diligence“CDD” atas data dan informasi Anda yang Anda serahkan kepada Kami untuk tujuan pendaftaran dan upgrade akun. Oleh karena itu, Kami harus memastikan bahwa data dan informasi mengenai diri Anda yang Anda serahkan kepada Kami merupakan data dan informasi yang terkini dan valid.

3.

Pengkinian data dilakukan dengan cara menyerahkan dokumen identitas (KTP/SIM/Paspor) dan/atau swafoto Anda yang terbaru secara valid, benar, lengkap dan jelas.

4.

Apabila Anda melakukan perubahan atas data dan informasi yang telah Anda serahkan kepada Kami maka Anda wajib untuk segera menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk melakukan pengkinian data.

5.

Anda juga wajib dengan segera melakukan pengkinian data, apabila Kami meminta Anda untuk melakukan pengkinian data berdasarkan salah satu atau lebih hal-hal di bawah ini:

a.

Temuan Kami atas perubahan atas data dan informasi Anda yang telah Anda serahkan sebelumnya kepada Kami.

b.

Temuan Kami atas indikasi perubahan pola transaksi (pembayaran atau transfer dana), ketidaksesuaian transaksi dengan profil Anda, atau peningkatan risiko yang signifikan atas hasil CDD Kami terhadap Anda selaku pengguna jasa Kami.

c.

Temuan Kami atas indikasi tindakan pencucian uang, pendanaan terorisme, dan/atau pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berlaku.

d.

Alasan lainnya sebagaimana Kami informasikan kepada Anda pada saat Kami meminta Anda melakukan pengkinian data.

6.

Apabila Kami meminta Anda untuk melakukan pengkinian data karena alasan-alasan yang dimaksud dalam Angka 5 di atas maka Kami akan menginformasikan dan memberikan batas waktu untuk Anda melakukan pengkinian data.

7.

Apabila Anda gagal untuk melaksanakan pengkinian data secara valid, benar, lengkap, dan jelas setelah berakhirnya batas waktu yang dimaksud dalam Angka 6 di atas maka Kami berhak untuk men-downgrade klasifikasi akun Anda.

V. PEMBLOKIRAN, PENUTUPAN, DAN DOWNGRADE AKUN

1.

Pemblokiran Akun

a.

“Pemblokiran”adalah penonaktifan akun Pengguna KASKU Anda untuk jangka waktu tertentu. Pemblokiran akun dapat terjadi karena salah satu atau lebih hal-hal berikut ini:

i. Anda meminta Kami untuk melakukan Pemblokiran atas akun Anda untuk tujuan keamanan atau tujuan lainnya. Dalam hal Anda meminta sendiri Pemblokiran akun Anda, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan Pemblokiran memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah. Atas permintaan Pemblokiran, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi atas permintaan tersebut, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk melakukan Pemblokiran atas akun Anda atau tidak.

ii. Kami harus melakukan Pemblokiran untuk keamanan akun Anda karena terdapat indikasi terjadinya insiden keamanan terhadap akun Anda.

iii. Kami mendapatkan perintah dari otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang, atau peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melakukan Pemblokiran atas akun Anda.

iv. Kami menemukan indikasi bahwa akun Anda digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau indikasi bahwa Anda melakukan suatu tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.

v. Kami menemukan indikasi bahwa akun Anda digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau Tindakan Penyalahgunaan, atau indikasi bahwa Anda melanggar salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan.

vi. Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau Tindakan Penyalahgunaan, atau Anda terbukti telah melanggar salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan.

vii. Kami menemukan indikasi bahwa akun Anda digunakan untuk suatu pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun, atau indikasi bahwa Anda melakukan suatu pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun.

viii. Kami mendapatkan laporan yang disertai dengan bukti permulaan yang cukup dari pihak lain bahwa akun Anda digunakan untuk melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak lain manapun, atau bahwa Anda melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak lain manapun.

b.

Pemblokiran akun akan menyebabkan akun Anda tidak dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan Aplikasi KASKU dan Layanan KASKU sampai dengan akun Anda diaktifkan kembali.

c.

Kami akan menginformasikan Anda mengenai Pemblokiran akun Anda melalui Aplikasi KASKU atau Media Komunikasi. Anda juga dapat menanyakan secara lebih lanjut hal-hal terkait dengan Pemblokiran akun Anda ke Layanan Bantuan Pengguna.

d.

Pengakhiran Pemblokiran:

i. Apabila Kami melakukan Pemblokiran atas akun Anda karena alasan yang disebutkan dalam huruf a poin (i) atau (ii) di atas, Anda dapat meminta pengakhiran Pemblokiran akun Anda dengan menghubungi Layanan Bantuan Pengguna. Atas permintaan pengakhiran Pemblokiran, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk mengakhiri Pemblokiran atau melanjutkan Pemblokiran tersebut.

ii. Apabila Kami melakukan Pemblokiran atas akun Anda karena alasan yang disebutkan dalam huruf a poin (iii) di atas, Kami dapat mengakhiri Pemblokiran akun Anda, jika Kami mendapatkan perintah atau persetujuan dari otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang dimaksud untuk mengakhiri Pemblokiran tersebut.

iii. Apabila Kami melakukan Pemblokiran atas akun Anda karena salah satu atau lebih alasan yang disebutkan dalam huruf a poin (iv) – (viii) di atas, Anda dapat mengajukan sangkalan kepada Kami atas tindakan Pemblokiran yang Kami lakukan atas akun Anda tersebut dengan menyerahkan bukti-bukti pendukung untuk menyangkal dasar-dasar yang Kami terapkan untuk melakukan Pemblokiran tersebut. Berdasarkan sangkalan dan bukti yang Anda ajukan, Kami akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk menentukan apakah Kami harus mengakhiri atau melanjutkan Pemblokiran atas akun Anda atau melakukan penonaktifan atas akun Anda secara permanen (Penutupan).

iv. Prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa Anda merupakan pemilik akun yang sah berlaku pada saat Anda meminta pengakhiran Pemblokiran akun Anda.

2.

Penutupan Akun

a.

“Penutupan”adalah penonaktifan akun Pengguna KASKU Anda secara permanen. Penutupan atas akun Anda dapat terjadi karena salah satu atau lebih hal-hal berikut ini:

i. Kami mendapatkan perintah dari otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang atau berdasarkan peraturan perundang-undang yang berlaku untuk melakukan Penutupan atas akun Anda.

ii. Anda meminta Kami untuk melakukan Penutupan atas akun Anda untuk tujuan keamanan atau tujuan lainnya. Dalam hal Anda meminta sendiri Penutupan akun Anda, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan Penutupan memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah. Atas permintaan Penutupan, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi atas permintaan tersebut, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk melakukan Penutupan atas akun Anda atau tidak.

iii. Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan, atau Anda terbukti telah melanggar salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan.

iv. Akun Anda terbukti telah digunakan untuk pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau Anda terbukti telah melakukan tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.

v. Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun, atau Anda terbukti telah melakukan tindakan yang merupakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun.

vi. Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak manapun, atau Anda terbukti telah melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak lain manapun.

vii. Kami, berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami sendiri, memutuskan bahwa Penutupan atas akun Anda harus dilakukan untuk tujuan keamanan Kami dan/atau pihak lain manapun.

viii. Anda, berdasarkan bukti dan keterangan yang cukup, dinyatakan telah meninggal dunia.

ix. Anda mencabut persetujuan yang Anda telah berikan kepada Kami untuk menyimpan dan memproses seluruh data dan informasi Anda yang Kami butuhkan untuk pengelolaan dan pengawasan akun Pengguna atau Anda, atau Anda meminta Kami untuk berhenti memproses, menghapus dan/atau menghancurkan data dan informasi Anda yang Kami butuhkan untuk pengelolaan dan pengawasan akun Pengguna KASKU Anda. Dalam hal Anda mencabut persetujuan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa pencabutan persetujuan tersebut memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah.

b.

Penutupan akun akan menyebabkan akun Anda tidak dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan Aplikasi KASKU dan Layanan KASKU secara permanen (dinonaktifkan secara permanen) dan secara keseluruhan.

c.

Kami akan menginformasikan Anda mengenai Penutupan akun Anda melalui Aplikasi KASKU atau Media Komunikasi. Anda juga dapat menanyakan secara lebih lanjut hal-hal terkait dengan Penutupan akun Anda ke Layanan Bantuan Pengguna.

d.

Pelaksanaan Penutupan Akun:

i. Penahanan, dan/atau Pendebetan/Pemotongan saldo KASKU:

a) Jika pada saat Penutupan akun, Anda masih memiliki kewajiban-kewajiban yang masih belum dibayarkan kepada mitra-mitra Kami dan/atau Kami, yang mana pelunasannya harus dilakukan menggunakan saldo KASKU, maka Anda sepakat bahwa Kami berhak untuk menahan dan memotong/mendebet saldo KASKU Anda untuk tujuan pelunasan kewajiban-kewajiban dimaksud.

b) Jika Penutupan atas akun Anda terjadi karena alasan yang dimaksud dalam Angka 2 huruf a poin (i) di atas, dan otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang, atau peraturan perundang-undangan yang berlaku memberikan perintah atau arahan kepada Kami untuk melakukan penahanan, dan/atau pemotongan/ pendebetan atas saldo KASKU Anda maka Kami akan melakukan penahanan, dan/atau pemotongan/pendebetan atas saldo KASKU Anda sesuai dengan perintah atau arahan tersebut.

c) Jika Anda meminta sendiri Penutupan akun Anda namun Anda masih memiliki kewajiban yang belum terbayarkan sebagaimana dimaksud dalam poin (a) di atas maka Kami berhak untuk menolak permintaan Penutupan akun Anda.

ii. Klaim Saldo KASKU:

b) Dalam hal pelaksanaan klaim saldo KASKU mengharuskan terjadinya pelaksanaan transfer dana dari Kami ke rekening bank yang Anda tentukan maka Kami akan mengenakan biaya transfer dana ke rekening yang Anda tujukan untuk menerima pencairan saldo KASKU tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

a) Anda dapat mengajukan klaim atas saldo KASKU Anda yang masih tersisa dalam akun Anda dengan menghubungi Layanan Bantuan Pengguna sebagaimana diatur dalam bagian tentang Layanan Bantuan Pengguna dari Syarat dan Ketentuan ini. 

iii. Penutupan Akun Pengguna KASKU yang Meninggal Dunia:

Jika Pengguna KASKU meninggal dunia maka ahli waris yang sah dari Pengguna KASKU tersebut, yang wajib dibuktikan dengan menyerahkan kepada Kami surat kematian Pengguna KASKU, bukti yang sah sebagai ahli waris, dan surat persetujuan ahli waris lainnya, dapat mengajukan Penutupan atas akun Pengguna KASKU tersebut, dan mengurus klaim atas saldo KASKU yang masih tersisa pada akun Pengguna KASKU tersebut. Terkait dengan hal ini, Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk informasi lebih lanjut.

3.

Downgrade Akun

a.

Downgradeadalah penurunan klasifikasi akun Pengguna KASKU dari KASKU Premium menjadi KASKU Basic. Downgrade atas akun Anda dapat terjadi karena salah satu atau lebih hal-hal berikut ini:

i. Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan dari Syarat dan Ketentuan ini, atau Anda terbukti telah melakukan pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan dari Syarat dan Ketentuan ini.

ii. Kami mendapatkan perintah dari otoritas atau instansi yang berwenang untuk melakukan Downgrade atas akun Anda.

iii. Anda meminta Kami untuk tidak lagi menyimpan, dan/atau menghapus dan menghancurkan data dan informasi Anda yang Kami butuhkan untuk penerapan prinsip know your customer, sehingga Kami tidak lagi dapat mengklasifikasikan akun Anda sebagai pengguna terdaftar (registered) atau akun KASKU Premium. Dalam hal Anda meminta sendiri untuk tidak lagi menyimpan, dan/atau menghapus dan menghancurkan data dan informasi Anda, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan dimaksud memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah.

iv. Anda meminta Kami untuk melakukan Downgradeatas akun Anda untuk tujuan keamanan atau tujuan lainnya yang berdasarkan pertimbangan Kami dapat diterima sebagai dasar atas Downgrade akun Anda. Dalam hal Anda meminta sendiri Downgrade, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan Downgrade memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah. Atas permintaan Downgrade, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi atas permintaan tersebut, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk melakukan Downgrade atas akun Anda atau tidak.

v. Kami berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami sendiri memutuskan bahwa Downgradeatas akun Anda harus dilakukan untuk tujuan keamanan Kami, Anda dan/atau pihak lain manapun.

vi. Anda gagal untuk melaksanakan pengkinian data secara valid, benar, lengkap, dan jelas setelah berakhirnya jangka waktu yang telah Kami berlakukan dan informasikan kepada Anda (baca BAB tentang Pengkinian Data).

b.

Apabila Kami melakukan Downgrade atas akun Anda karena alasan-alasan yang dimaksud dalam Angka 3 huruf a poin (iii) – (vi), Anda dapat mengajukan upgrade kembali atas klasifikasi akun Anda kepada Kami dengan mengikuti prosedur pelaksanaan upgrade akun yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini. Keputusan atas hasil pengajuan upgrade kembali merupakan sepenuh wewenang Kami.

c.

Kami akan menginformasikan Anda mengenai Downgrade atas klasifikasi akun Anda melalui Aplikasi KASKU atau Media Komunikasi.

VI. KOREKSI

1.

Kami berhak untuk melakukan koreksi atas saldo KASKU pada akun Anda (memotong/mendebet atau mengkredit), dan melakukan koreksi atas informasi-informasi terkait dengan transaksi pembayaran, transfer dana, ataupun penyediaan layanan-layanan Kami lainnya pada Aplikasi KASKU dengan memperhatikan penerapan prinsip perlindungan aset konsumen sebagaimana ditetapkan oleh peraturan peraturan perundangan yang berlaku.

2.

Kami berhak untuk melakukan Koreksi sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 di atas, karena salah satu atau lebih kondisi-kondisi berikut ini:

a.

Terjadi kesalahan atau kekeliruan yang menyebabkan kesalahan pada saldo KASKU Anda, atau informasi Anda, atau yang menyebabkan Anda menerima saldo KASKU dan/atau layanan yang tidak seharusnya Anda terima.

b.

Terdapat permintaan langsung atau persetujuan dari pemilik akun yang akan menerima pelaksanaan koreksi.

c.

Terdapat permintaan langsung dari kepolisian, pengadilan, atau otoritas berwenang.

d.

Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini atau Tindakan Penyalahgunaan, atau Anda terbukti melakukan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan. Sehingga Kami berhak untuk melakukan koreksi (memotong atau mendebet) saldo KASKU Anda untuk ganti rugi atas kerugian material yang timbul dari pelanggaran atau Tindakan Penyalahgunaan tersebut.

e.

Terjadi kondisi-kondisi lainnya yang menyebabkan Anda menerima layanan, saldo KASKU dan/atau informasi yang seharusnya tidak Anda terima.

3.

Terhadap permintaan atas koreksi dari pemilik akun, Kami akan melakukan koreksi berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami setelah Kami melakukan tinjauan, verifikasi, atau investigasi terhadap validitas permintaan tersebut. Terkait dengan hal ini, Kami hanya akan melaksanakan koreksi, jika permintaan tersebut merupakan permintaan yang valid berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami serta hasil dari tinjauan, verifikasi, atau investigasi yang Kami lakukan. Kami berhak untuk menentukan pelaksanaan atas koreksi yang berasal dari permintaan pemilik akun berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami serta hasil dari tinjauan, verifikasi, atau investigasi yang Kami lakukan.

4.

Terhadap permintaan atas koreksi dari kepolisian, pengadilan, atau otoritas berwenang, Kami akan melakukan koreksi berdasarkan perintah yang Kami terima secara langsung dari kepolisian, pengadilan, atau otoritas berwenang dimaksud.

5.

Kami akan menginformasikan Anda mengenai koreksi yang Kami lakukan melalui Aplikasi KASKU atau Media Komunikasi.

6.

Sehubungan dengan pelaksanaan koreksi, Anda sepakat untuk memberikan kuasa kepada kami untuk melakukan koreksi atas saldo KASKU dan informasi relevan lainnya pada akun Anda, dan Anda juga juga sepakat untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan, gugatan, klaim, dan/atau ganti rugi berkaitan dengan pelaksanaan koreksi tersebut sepanjang Kami dapat membuktikan bahwa pelaksanaan koreksi didasarkan pada informasi dan bukti yang valid.

7.

Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai koreksi.

VII. KEWAJIBAN, LARANGAN, DAN PELANGGARAN

1.

Kewajiban:

a.

Anda wajib untuk mengakses dan menggunakan akun Anda, Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Produk Lainnya, dengan itikad baik, tujuan yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.

b.

Anda wajib untuk mengakses dan menggunakan akun Anda, Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Produk Lainnya dengan penuh kehati-hatian, secara cermat, dan teliti.

c.

Anda wajib mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

2.

Larangan:

a.

Anda dilarang untuk melakukan atau terlibat dalam pelaksanaan tindakan-tindakan yang merupakan Tindakan Penyalahgunaan.

b.

Anda dilarang untuk melakukan pengisian ulang saldo KASKU (top up) menggunakan sumber dana yang ilegal atau sumber dana yang didasarkan pada fasilitas kredit atau sumber dana yang bukan merupakan sumber dana uang (tunai).

c.

Anda dilarang untuk menyediakan jasa pengisian saldo KASKU (top up) kepada masyarakat, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.

d.

Anda dilarang untuk mengatasnamakan Kami (PT Soma Karya Gemilang) dan/atau afiliasi-afiliasi Kami dalam melaksanakan tindakan-tindakan apapun, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.

e.

Anda dilarang untuk memberikan pernyataan dan jaminan yang tidak benar atau menyesatkan terkait dengan Syarat dan Ketentuan ini.

f.

Anda dilarang untuk menyediakan data dan informasi palsu atau menyesatkan yang dapat merugikan Kami, Pengguna KASKU lainnya, dan/atau pihak manapun. 

g.

Anda dilarang untuk melakukan tindakan-tindakan yang merupakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini, peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan kepentingan pihak manapun.

3.

Pelanggaran:

a.

Pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, baik yang Anda lakukan atau yang terjadi dari akun Anda, menyebabkan Kami berhak untuk mengambil salah satu atau lebih dari tindakan-tindakan berikut ini:

i. Melakukan Pemblokiran atas akun Anda.

ii. Melakukan Penutupan atas akun Anda.

iii. Melakukan Downgrade atas akun Anda.

iv. Menghentikan penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU, baik untuk sebagian atau keseluruhan dan untuk sementara waktu atau secara permanen.

v. Menghentikan akses Anda terhadap Produk Lainnya, baik untuk sebagian atau keseluruhan dan untuk sementara waktu atau secara permanen.

vi. Melakukan koreksi sebagaimana dimaksud pada bagian mengenai Koreksi, atau melakukan penahanan, penarikan kembali, dan pendebetan/pemotongan atas saldo KASKU Anda untuk tujuan ganti rugi, apabila pelanggaran yang Anda lakukan menyebabkan kerugian material terhadap Kami, Pengguna KASKU lainnya, dan/atau pihak lain manapun.

vii. Melakukan koreksi sebagaimana dimaksud pada bagian mengenai Koreksi, atau melakukan penahanan, penarikan kembali, dan/atau pendebetan/pemotongan atas saldo KASKU yang Anda dapatkan secara tidak sah, dan membatalkan penyediaan layanan yang Anda dapatkan secara tidak sah, apabila pelanggaran yang Anda lakukan menyebabkan Anda secara tidak sah mendapatkan KASKU dan/atau manfaat dari layanan-layanan apapun.

b.

Pemberian dan penerapan sanksi yang disebutkan dalam huruf a di atas bergantung pada tingkat keparahan atas pelanggaran yang dilakukan dan dampak yang timbul akibat dari pelanggaran tersebut

c.

Kami akan menginformasikan Anda perihal tindakan yang Kami ambil dalam rangka penindakan atas pelanggaran yang Anda lakukan atau yang terjadi dari akun Anda, melalui Aplikasi KASKUdan/atau Media Komunikasi.

VIII. PERNYATAAN DAN JAMINAN

1.

Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

a.

Anda adalah individu yang cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia, khususnya untuk memberikan persetujuan atas Syarat dan Ketentuan ini; dan

b.

Anda merupakan individu yang telah berusia 21 (dua puluh satu) tahun atau lebih, atau sudah menikah, dan Anda tidak berada di bawah pengampuan.

2.

Apabila Anda tidak memenuhi syarat kecakapan yang dimaksud dalam Angka 1 di atas, Anda menyatakan dan menjamin bahwa seluruh tindakan-tindakan yang Anda lakukan sehubungan dengan Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan/atau Produk Lainnya telah disetujui oleh orang tua atau wali atau pengampu Anda yang sah.

3.

Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi pembayaran, transfer dana, pengisian ulang KASKU, dan pembayaran-pembayaran Layanan KASKU, Produk Lainnya, dan/atau biaya-biaya yang diberlakukan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini merupakan dana yang bersumber dari sumber yang sah dan bukan merupakan dana yang berasal dari tindakan-tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, perjudian, dan tindakan-tindakan lainnya yang merupakan pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia atau merupakan pelanggaran atas kepentingan pihak manapun.

4.

Anda menyatakan dan menjamin bahwa seluruh data dan informasi yang Anda sampaikan kepada Kami dan/atau afiliasi Kami untuk tujuan pendaftaran, upgrade, pengurusan klaim, dan tujuan-tujuan lainnya sehubungan dengan hubungan hukum yang terjadi antara Anda dan Kami merupakan data dan informasi yang valid, benar, dan akurat, serta penyampaian atau penyerahan data dan informasi tersebut kepada Kami bukanlah merupakan suatu pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kepentingan pihak manapun.

5.

Anda menyatakan dan menjamin bahwa seluruh akses, penggunaan dan pemanfaatan yang Anda lakukan atas Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Produk Lainnya, dilakukan secara sah, dengan itikad baik, dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kepentingan pihak manapun.

IX. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

1.

Penyampaian Informasi, Komunikasi, dan Korespondensi:

a.

Anda memahami Kami dapat memberikan informasi-informasi yang penting bagi Anda atau melakukan komunikasi/korespondensi dengan Anda terkait Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan/atau Produk Lainnya melalui Aplikasi KASKU, Media Komunikasi, dan/atau Media Publikasi.

b.

Anda memahami dan mengakui bahwa Anda bertanggung jawab sendiri dan penuh untuk:

i. memperbarui kontak-kontak Anda dengan segera, jika Anda melakukan penggantian kontak-kontak yang telah Anda daftarkan kepada Kami;

ii. selalu memastikan bahwa kontak-kontak Anda yang Anda daftarkan kepada Kami adalah benar dan selalu aktif untuk tujuan penyediaan informasi-informasi kepada Anda; dan

iii. selalu mengecek secara rutin, membaca, dan mempelajari, informasi-informasi dan komunikasi/korespondensi yang Kami berikan melalui Aplikasi KASKU, Media Komunikasi, ataupun Media Publikasi. 

c.

Kami tidak bertanggung jawab atas seluruh konsekuensi yang timbul akibat dari kelalaian atau kesalahan Anda dalam melaksanakan tanggung jawab Anda yang dimaksud dalam huruf b di atas.

2.

Data dan Informasi:

a.

Anda dengan ini memahami dan mengakui bahwa Kami bertanggung jawab atas keamanan dan kerahasiaan atas:

i. data dan/atau informasi yang tersimpan dalam sistem penyimpanan data Kami;

ii. data dan/atau informasi yang Kami kelola dan awasi untuk Anda dalam kapasitas Kami sebagai penyelenggara sistem elektronik.

b.

Terkait dengan huruf a di atas, Anda dengan ini memahami bahwa Anda bertanggung jawab sendiri dan penuh atas keamanan dan kerahasiaan atas:

i. data dan/atau informasi yang berada dalam penguasaan dan/atau pengawasan Anda; 

ii. data dan/atau informasi yang disimpan oleh Anda dalam media apapun yang berada di bawah pengawasan Anda atau pihak ketiga;

iii. data dan/atau informasi yang Anda serahkan kepada pihak ketiga tanpa melalui Kami;

iv. data dan/atau informasi yang dikumpulkan oleh pihak ketiga dari Anda bukan untuk kepentingan Kami atau bukan karena permintaan Kami;

v. data dan/atau informasi yang tidak pernah Anda serahkan kepada Kami; dan

vi. data dan/atau informasi Anda yang tidak pernah atau sudah tidak berada di bawah penguasaan dan pengawasan Kami.

c.

Kami tidak bertanggung jawab atas konsekuensi yang timbul akibat dari:

i. kelalaian atau kesalahan Anda dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan atas data dan/atau informasi Anda;

ii. pelanggaran keamanan dan kerahasiaan data dan/atau informasi yang dilakukan oleh pihak ketiga yang mengumpulkan dan/atau menyimpan data dan/atau informasi Anda bukan untuk kepentingan Kami atau bukan karena permintaan Kami; dan/atau

iii. pelanggaran keamanan dan kerahasiaan data dan/atau informasi yang bukan disebabkan secara langsung oleh; kelalaian atau kesalahan Kami dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan data dan/atau informasi Anda, atau insiden keamanan kebocoran data dari sisi Kami. 

3.

Kepatuhan Terhadap Hukum Yang Berlaku: Anda bertanggung jawab penuh atas seluruh konsekuensi yang timbul dari pelanggaran hukum, dan pelanggaran kepentingan pihak manapun yang Anda lakukan. Kami tidak bertanggung jawab atas konsekuensi yang timbul dari pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau pelanggaran kepentingan pihak lain yang Anda lakukan.

4.

Instrumen Pembayaran Lain: Anda dengan ini memahami dan mengakui bahwa Kami merupakan penyedia jasa pembayaran yang menerbitkan uang elektronik berbasis server yaitu KASKU, dan Kami hanya bertanggung jawab atas pemrosesan transaksi pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan KASKU.

5.

Kode OTP dan PIN:

a.

Anda dengan ini memahami bahwa kode OTP dan PIN merupakan kode yang digunakan untuk mengakses akun Anda dan Aplikasi KASKU, dan memanfaatkan Layanan KASKU. Oleh karena itu, Anda wajib untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP dan PIN dengan selalu menerapkan dan melaksanakan Prinsip Kehati-hatian sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini. 

b.

Kami, karyawan, perwakilan, petugas resmi Kami, dan afiliasi Kami tidak pernah dan tidak akan pernah meminta Anda untuk menyerahkan atau mengungkapkan kode OTP dan/atau PIN Oleh karena itu, mohon untuk tidak merespon permintaan-permintaan dari pihak manapun yang meminta Anda untuk menyerahkan atau mengungkapkan kode OTP dan/atau PINAnda.

c.

Anda bertanggung jawab sendiri dan penuh atas keamanan dan kerahasiaan atas kode OTP, PIN, dan perangkat elektronik Anda (ponsel atau komputer tablet), dan seluruh konsekuensi yang timbul dari kelalaian, kesalahan, atau kecerobohan Anda dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP, PIN, dan perangkat Anda tersebut.

d.

Mohon dimengerti bahwa beberapa smartphoneatau komputer tablet tertentu memiliki fitur biometric recognition yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi PIN, yang mana fitur tersebut bukan merupakan fitur yang Kami kelola atau sediakan. Oleh karena itu, seluruh konsekuensi yang timbul dari penggunaan fitur tersebut merupakan sepenuhnya tanggung jawab Anda sendiri.

6.

Kesalahan Dalam Pemanfaatan Layanan:

a.

Kami sangat menghimbau Anda untuk selalu bersikap cermat dan teliti dalam mengakses akun Anda, memanfaatkan Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Produk Lainnya untuk menghindari risiko-risiko yang mungkin terjadi karena kelalaian atau kecerobohan Anda.

b.

Anda bertanggung jawab sendiri untuk memanfaatkan Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Produk Lainnya secara cermat dan teliti untuk menghindari risiko-risiko yang mungkin terjadi akibat dari kelalaian atau kecerobohan Anda, yaitu:

i. kegagalan pengaksesan akun Anda dan Aplikasi KASKU atau terblokirnya akun Anda akibat dari kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memasukkan kode OTP dan/atau PIN;

ii. kegagalan atau kesalahan pelaksanaan transfer saldo KASKU ke Pengguna KASKU lain akibat dari kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memasukkan nomor ponsel penerima dana;

iii. kegagalan pelaksanaan transaksi atau transfer saldo KASKU akibat dari kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memasukkan PIN; dan/atau

iv. kegagalan, kesalahan, kekeliruan, atau kesalahpahaman lainnya yang disebabkan oleh kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memanfaatkan Aplikasi KASKU atau Layanan KASKU atau Produk Lainnya secara cermat dan teliti.

7.

Jaringan Internet:

a.

Anda dengan ini memahami dan mengakui bahwa pengaksesan dan pemanfaatan Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Produk Lainnya membutuhkan jaringan internet. Anda juga memahami bahwa gangguan pada jaringan internet dapat menyebabkan kegagalan, keterlambatan, dan pembatasan terhadap pengaksesan dan pemanfaatan Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Produk Lainnya.

b.

Anda dengan ini memahami dan mengakui bahwa ketersediaan dan kelancaran jaringan internet bukan merupakan tanggung jawab Kami.

8.

Prinsip Kehati-hatian

a.

Kami sangat menghimbau Anda untuk selalu menerapkan dan melaksanakan Prinsip Kehati-hatian, sebagaimana diatur dalam bagian tentang Risiko Penggunaan dalam Syarat dan Ketentuan ini, setiap Anda mengakses akun Anda, memanfaatkan Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Produk Lainnya, untuk menghindari risiko-risiko yang dapat mengancam keamanan akun Anda atau dapat merugikan Anda.

b.

Anda bertanggung jawab sendiri dan penuh dalam menerapkan dan melaksanakan Prinsip Kehati-hatian. Kami tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas seluruh konsekuensi dan kerugian yang timbul akibat dari kelalaian atau kesalahan Anda dalam menerapkan Prinsip Kehati-hatian atau akibat dari kejadian-kejadian merugikan yang Anda alami yang tidak disebabkan secara langsung oleh kelalaian atau kesalahan Kami dalam menyediakan Aplikasi KASKU dan/atau layanan-layanan Kami kepada Anda.

X. SANGKALAN

1.

Kami tidak memberikan jaminan apapun bahwa Aplikasi KASKU dapat diunduh atau digunakan pada semua perangkat elektronik, (komputer tablet atau smartphone), oleh karena itu, mohon untuk memastikan bahwa perangkat elektronik yang Anda gunakan kompatibel dengan Aplikasi KASKU agar Anda dapat menggunakan Aplikasi KASKU dan fitur-fitur di dalamnya. Penggunaan perangkat elektronik yang tidak memiliki kompatibilitas dengan Aplikasi KASKU dapat menyebabkan Anda tidak dapat menggunakan Aplikasi KASKU dan/atau fitur-fitur di dalamnya, atau menghambat penggunaan fitur-fitur pada Aplikasi KASKU atau konsekuensi lainnya.

2.

Kami tidak memberikan jaminan apapun bahwa Aplikasi KASKU dan/atau fitur-fitur di dalamnya dapat tetap beroperasi atau digunakan secara bersamaan dengan kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, ataupun perangkat manapun atau sistem dari pihak manapun.

XI. RISIKO PENGGUNAAN

1.

Dengan mengunduh dan menggunakan Aplikasi KASKU, Anda dianggap telah mengerti dan memahami seluruh risiko-risiko keamanan dalam penggunaan Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Produk Lainnya, yaitu; pencurian saldo, pengambilalihan akun, peretasan, penipuan, atau tindakan-tindakan lainnya yang merupakan pelanggaran hukum yang dapat merugikan Anda. Berkaitan dengan risiko tersebut Kami sangat menghimbau Anda untuk selalu menerapkan Prinsip Kehati-hatian.

2.

Prinsip Kehati-hatian dapat diterapkan dan dilaksanakan dengan cara-cara berikut:

a.

Tidak menyerahkan, mengungkapkan, dan/atau mengirimkan kode OTP dan/atau PIN Anda kepada pihak manapun. Mohon diingat bahwa Kami tidak pernah dan tidak akan pernah meminta Anda untuk mengungkapkan dan menyerahkan kode OTP dan/atau PINkepada Kami.

b.

Tidak merespon segala bentuk kontak, baik panggilan telepon, email, atau tautan, yang mencurigakan dan mengklaim berasal dari Kami. Mohon untuk mengecek kebenaran dari kontak-kontak yang menghubungi Anda yang mengklaim berasal dari Kami, kepada Layanan Bantuan Pengguna.

c.

Selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP dan PINAnda, perangkat elektronik Anda, dan data dan informasi Anda, terutama yang berkaitan dengan data pribadi Anda.

d.

Tidak menggunakan perangkat lunak atau program apapun pada perangkat elektronik Anda yang dapat membahayakan keamanan dan kerahasiaan data dan informasi Anda

e.

Tidak mengakses akun dan Aplikasi KASKU dari perangkat elektronik yang tidak dimiliki atau dikuasai oleh Anda.

f.

Selalu menghilangkan jejak atas akses akun Anda pada perangkat elektronik yang tidak lagi Anda gunakan.

g.

Selalu menjaga keamanan perangkat elektronik yang digunakan untuk mengakses akun Anda agar tidak hilang atau jatuh ke tangan pihak yang tidak bertanggung jawab.

h.

Segera menghubungi Layanan Bantuan Pengguna, jika Anda mengalami kehilangan atas perangkat elektronik yang digunakan untuk mengakses akun Anda.

i.

Segera menghubungi Layanan Bantuan Pengguna, jika Anda menemukan adanya indikasi atas akses yang tidak sah atas akun Anda.

j.

Segera dan hanya menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk meminta bantuan apapun terkait Aplikasi KASKU atau Layanan KASKU.

k.

Selalu melakukan updateperangkat lunak Aplikasi KASKU, jika terdapat permintaan update dari Aplikasi KASKU.

l.

Melakukan pengecekan secara berkala atas informasi dan pemberitahuan yang disediakan melalui Aplikasi KASKU, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.

m.

Selalu memeriksa kebenaran atas setiap pihak-pihak yang mengaku bertindak untuk dan atas nama Kami (PT Soma Karya Gemilang). Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk memeriksa hal yang dimaksud dalam ketentuan ini.

n.

Selalu memeriksa kebenaran atas setiap platform, website, aplikasi yang meng-klaim merupakan kanal elektronik resmi Kami. Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk memeriksa hal yang dimaksud dalam ketentuan ini.

o.

Tidak mengungkapkan informasi-informasi yang hanya boleh diketahui oleh Anda kepada pihak manapun, yaitu; data pribadi, kode OTP dan PIN

p.

Tidak mengunduh atau menggunakan program-program ataupun menggunakan perangkat elektronik yang mengandung malwarespyware, virus, dan program-program lainnya yang dapat membahayakan keamanan dan kerahasiaan data dan informasi Anda, ataupun akun Anda.

q.

Selalu mengganti PINAnda secara berkala dan teratur untuk menghindari risiko-risiko yang berhubungan dengan akses tidak sah.

r.

Segera mengganti PINAnda, jika PIN tersebut diketahui oleh atau Anda menduga bahwa PIN tersebut diketahui oleh pihak yang tidak berwenang.

s.

Selalu memperhatikan situasi di sekitar Anda saat Anda mengakses akun Anda atau memasukan kode OTP dan/atau PINdan menghindari lingkungan yang mencurigakan pada saat Anda mengakses akun Anda atau memasukan kode OTP dan/atau PIN.

t.

Tidak membiarkan pihak manapun untuk mengakses/menggunakan perangkat elektronik Anda atau menggunakan akun atau Aplikasi KASKU Anda.

u.

Hindari menggunakan jaringan wifi publik atau wifi pada tempat umum untuk mengakses atau menggunakan akun Anda dan KASKU App.

v.

Selalu melakukan tindakan-tindakan yang sewajarnya dilakukan untuk mencegah risiko-risiko yang dapat merugikan Anda. 

3.

Risiko Pengambilalihan Akun

a.

Perlu diketahui bahwa setiap akses ke akun Anda dan Aplikasi KASKU dan/atau pemanfaatan Layanan KASKU dan/atau layanan-layanan yang tersedia melalui Aplikasi KASKU, yang dilakukan dengan memasukan nomor ponsel, kode OTP dan/atau PINyang benar, akan diakui dan dianggap pada sistem keamanan Kami sebagai akses dan pemanfaatan yang diri Anda lakukan sendiri.

b.

Anda dengan ini memahami bahwa Kami tidak dapat mengetahui secara pasti pihak-pihak yang mengakses akun Anda sepanjang nomor ponsel, kode OTP, dan/atau PIN yang dimasukkan pada Aplikasi KASKU adalah benar (otentikasi valid), Oleh karena itu, Kami kembali lagi menghimbau Anda untuk selalu menerapkan dan melaksanakan Prinsip Kehati-hatian dan menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP dan PIN Anda untuk menghindari risiko pengambilalihan akun, dan tidak membiarkan pihak manapun untuk menggunakan perangkat elektronik, akun Anda, dan Aplikasi KASKU Anda.

c.

Dalam hal Anda menyadari telah terjadi pengambilalihan atas akun Anda atau Anda mencurigai terjadinya pengambilalihan atas akun Anda, Anda harus dengan segera menghubungi Layanan Bantuan Pengguna, untuk meminta pemblokiran sementara atas akun Anda untuk mencegah terjadinya risiko-risiko yang dapat merugikan Anda. 

d.

Anda dengan ini sepakat dan memahami bahwa Anda tidak dapat mengajukan klaim ganti rugi kepada Kami atas kerugian yang Anda alami dari pengambilalihan akun atas akun Anda.

XII. PENGHENTIAN LAYANAN

1.

Kami berhak untuk menghentikan penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU, secara sebagian atau secara keseluruhan dan untuk jangka waktu tertentu atau secara permanen, karena terjadinya salah satu atau lebih dari ketentuan-ketentuan berikut ini:

a.

Atas Keputusan anda melakukan Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU disebabkan ketidaksetujuan Anda pada Syarat dan Ketentuan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU.

b.

Terjadi Pemblokiran atau Penutupan akun.

c.

Terjadi pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, baik yang Anda lakukan atau yang terjadi dari akun Anda.

d.

Terjadi kerusakan, gangguan, dan/atau peretasan, pada sistem operasi Kami yang menyebabkan Kami harus menghentikan penyediaan Layanan KASKU.

e.

Terdapat indikasi atas terjadinya suatu transaksi atau aktivitas yang mencurigakan yang patut diduga merupakan suatu tindakan pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang dapat merugikan Kami, Pengguna KASKU lainnya, diri Anda sendiri, dan/atau pihak lain manapun.

f.

Kami mendapatkan perintah dari otoritas atau instansi yang berwenang untuk menghentikan sebagian atau seluruh aktivitas penyelenggaraan uang elektronik Kami dan/atau Aplikasi KASKU yang mengakibatkan Kami tidak dapat menyediakan Aplikasi KASKU atau Layanan KASKU, baik sebagian atau secara keseluruhan.

g.

Anda berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga dapat menyebabkan sebagian atau seluruh Aplikasi KASKU atau Layanan KASKU menjadi tidak dapat disediakan.

h.

Terjadinya suatu Keadaan Kahar yang menyebabkan Kami tidak dapat menyediakan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU, baik sebagian atau secara keseluruhan.

2.

Ketentuan Penghentian:

a.

Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan Pemblokiran akun akan berakhir setelah akun diaktifkan kembali.

b.

Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan Penutupan akun merupakan penghentian yang dilaksanakan secara permanen.

c.

Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dapat dilaksanakan untuk jangka waktu tertentu ataupun secara permanen bergantung pada tingkat keparahan atas pelanggaran yang dilakukan dan dampak yang timbul akibat dari pelanggaran tersebut.

d.

Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan Angka 1 huruf d pada bagian ini akan berakhir setelah Kami berhasil memperbaiki kerusakan, gangguan, dan/atau peretasan yang dimaksud dalam Angka 1 huruf dpada bagian

e.

Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan Angka 1 huruf e pada bagian ini akan berakhir, jika indikasi/dugaan yang dimaksud tidak terbukti.

f.

Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan Angka 1 huruf f pada bagian ini akan dilaksanakan secara permanen, jika indikasi/dugaan yang dimaksud terbukti berdasarkan hasil investigasi Kami atau hasil investigasi otoritas yang berwenang.

g.

Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan Angka 1 huruf f pada bagian ini akan berakhir, jika Kami kembali diperbolehkan untuk melaksanakan kembali aktivitas penyelenggaraan uang elektronik Kami atau Aplikasi KASKU oleh otoritas atau instansi yang berwenang, terutama yang terkait dengan penyediaan Layanan KASKU.

h.

Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan Angka 1 huruf g pada bagian ini akan berakhir setelah Anda kembali ke Indonesia. Perlu diketahui bahwa kemungkinan sebagian atau seluruh Aplikasi KASKU atau Layanan KASKU akan menjadi tidak dapat digunakan di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

i.

Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan Angka 1 huruf h pada bagian ini akan berakhir setelah Kami berhasil memulihkan dampak Keadaan Kahar yang menyebabkan Kami tidak dapat menyediakan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU.

3.

Dalam hal terjadi penghentian penyediaan layanan yang dimaksud dalam bagian ini maka Kami akan menginformasikan Anda mengenai penghentian tersebut melalui Aplikasi KASKU dan/atau Media Komunikasi.

4.

Khusus, untuk penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan yang dimaksud dalam Angka 1 huruf g, Aplikasi KASKU Anda akan secara otomatis tidak berfungsi, baik sebagian atau seluruhnya, pada saat Anda berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penghentian penyediaan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU karena alasan yang dimaksud dalam Angka 1 huruf g dikecualikan dari ketentuan pemberian informasi sebagaimana dimaksud dalam Angka 3 di atas.

5.

Dalam hal terjadi penghentian penyediaan layanan yang dimaksud dalam bagian ini, Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai penghentian penyediaan layanan yang Anda alami.

XIII. HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

1.

Kecuali dinyatakan lain secara tegas oleh Kami; Aplikasi KASKU, sistem pendukungnya, sistem pengoperasian, layout, desain, tampilan dan perjalanan antar-muka, logo, gambar, nama, merek, dan seluruh bagian lainnya dari Aplikasi KASKU merupakan hak kekayaan intelektual Kami.

2.

Anda dilarang untuk menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, membongkar, meretas dan mengeksploitasi Aplikasi KASKU, bagian daripadanya, dan hak kekayaan intelektual yang terkandung di dalamnya.

XIV. KEADAAN KAHAR

1.

“Keadaan Kahar”adalah keadaan atau kondisi yang terjadi di luar kemampuan pihak yang mengalaminya untuk mencegahnya dan tidak dapat dihindarkan oleh pihak yang mengalaminya, sehingga menyebabkan pihak yang mengalaminya tidak dapat melaksanakan seluruh atau sebagian kegiatannya yang berpengaruh terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban dari pihak yang mengalaminya. Kejadian-kejadian yang termasuk ke dalam Keadaan Kahar, yaitu; bencana alam, kebakaran, banjir, kondisi perang, baik yang dinyatakan atau tidak, sabotase, pemogokan, demonstrasi, kerusuhan sosial, epidemi atau pandemi, diundangkannya suatu peraturan perundang-undangan, atau kondisi atau kejadian yang secara wajar tidak dapat dicegah oleh kemampuan pihak yang mengalaminya, yang menyebabkan pihak yang mengalaminya tidak dapat melaksanakan hak dan kewajiban yang timbul dari Syarat dan Ketentuan ini.

2.

Anda dengan ini sepakat bahwa kegagalan atau keterlambatan Kami dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban dan/atau tanggung jawab Kami yang disebabkan oleh terjadinya suatu Keadaan Kahar tidak dapat dianggap sebagai suatu kejadian kelalaian atau wanprestasi.

3.

Anda dengan ini sepakat untuk tidak akan mengajukan gugatan, tuntutan, klaim dan/atau meminta ganti kerugian atas keterlambatan atau kegagalan Kami dalam melaksanakan dan memenuhi kewajiban-kewajiban Kami yang disebabkan oleh suatu Keadaan Kahar.

XV. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN

1.

Seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.

Anda dengan ini sepakat bahwa seluruh perselisihan yang timbul dari Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai suatu kemufakatan.

3.

Anda dan Kami, secara sendiri-sendiri, juga berhak untuk mengajukan penyelesaian atas perselisihan ke pengadilan negeri Jakarta Selatan.

XVI. MASA BERLAKU

1.

Seluruh ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini mulai berlaku sejak Anda melakukan pendaftaran untuk menjadi Pengguna KASKU dan akan tetap berlaku:

a.

selama Anda mengakses dan menggunakan Aplikasi KASKU dan/atau Layanan KASKU; dan/atau

b.

selama Anda masih terdaftar sebagai Pengguna KASKU atau Anda masih memiliki akun Pengguna KASKU yang belum dinonaktifkan secara permanen (ditutup secara permanen).

2.

Anda dengan ini sepakat untuk mengesampingkan ketentuan dalam Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sepanjang mengenai dibutuhkannya suatu putusan atau penetapan pengadilan untuk mengakhiri suatu perjanjian. Sehingga pengakhiran hubungan hukum antara Anda dan Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dapat berakhir atau diakhiri tanpa memerlukan suatu putusan atau penetapan dari pengadilan.

XVII. LAYANAN BANTUAN PENGGUNA

1.

Seluruh permintaan informasi, permintaan layanan, pengaduan dan klaim terkait dengan akun Anda, Aplikasi KASKU, Layanan KASKU, dan Syarat dan Ketentuan ini wajib disampaikan hanya melalui Layanan Bantuan Pengguna. Layanan Bantuan Pengguna dapat dihubungi melalui kontak-kontak resmi Kami sebagai berikut:

a.

telepon ke nomor +62 21 2528 245;

b.

email ke alamat email helpdesk@kasku.id; atau

c.

pusat bantuan yang tersedia pada Aplikasi KASKU.

2.

Untuk pertanyaan dan pengaduan yang tidak bersifat privat, Anda juga dapat menyampaikan-nya melalui sosial media resmi Kami selain kontak-kontak yang disebutkan Kami sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 huruf a atau b di atas.

XVIII. PERUBAHAN

1.

Kami dapat meninjau dan mengubah Syarat dan Ketentuan ini atas pertimbangan Kami untuk memastikan bahwa ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini konsisten dengan perkembangan Layanan  KASKU di masa depan, dan/atau jika terdapat perubahan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau perintah dari otoritas atau instansi yang berwenang atau peraturan perundang-undangan yang berlaku yang memerintahkan atau mewajibkan Kami untuk mengubah ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

2.

Kami akan menginformasikan Anda mengenai perubahan sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 di atas melalui Aplikasi KASKU, Media Komunikasi, atau Media Publikasi paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku secara efektif, dan perubahan dimaksud akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh Bank Indonesia khususnya mengenai perlindungan konsumen sebagaimana relevan.

3.

Anda bertanggung jawab sendiri untuk selalu dan secara rutin memeriksa, membaca, dan mempelajari informasi-informasi yang Kami sampaikan kepada Anda, baik melalui Aplikasi KASKU, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.

4.

Dalam hal Anda tidak menyetujui perubahan sebagaimana dimaksud pada angka 1 di atas, Anda dapat menghentikan penggunaan Layanan KASKU tanpa dikenai ganti rugi atau penalti.

5.

Dalam hal Kami tidak mendapat tanggapan dari Anda  dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja setelah pemberitahuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 di atas, Kami dapat menganggap bahwa Anda setuju atas perubahan-perubahan yang Kami berlakukan tersebut.

XIX. KEBATALAN

Kebatalan atau ketidakberlakuan atas suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini karena diberlakukannya suatu peraturan perundang-undangan atau alasan lainnya tidak akan secara otomatis membatalkan keberlakuan atas ketentuan-ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan ini. Dalam hal terdapat suatu peraturan perundang-undangan yang menjadikan salah satu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini menjadi batal atau tidak dapat diterapkan maka Anda dan Kami sepakat untuk menganggap bahwa ketentuan tersebut secara otomatis telah disesuaikan dengan ketentuan dari peraturan perundang-undangan tersebut.

XX. BAHASA

Jika Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris maka versi Bahasa Inggris hanya akan berlaku sebagai terjemahan dari versi Bahasa Indonesia untuk memudahkan pemahaman Syarat dan Ketentuan ini bagi pihak manapun yang membutuhkannya. Jika terdapat perbedaan antara kedua versi maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku

XXI. TANGGAL BERLAKU

Ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan versi yang Kami berlakukan secara efektif sejak tanggal  01 Agustus 2024.